Selasa, 02 Maret 2010

Pendahuluan,, Interaksi Manusia Komputer



Interaksi Manusia komputer

1. Pendahuluan


Apa yang dimaksud dengan IMK??? IMK adalah,
- Studi tentang manusia, teknologi computer dan cara bagaimana cara mereka saling berinteraksi.
- Menentukan bagaimana membuat agar teknologi computer dapat lebih berguna bagi manusia.


Hal yang perlu diperhatikan:
- Teknologi computer.
- Manusia yang akan berinteraksi dengannya.
- Dan mengerti apa yang dimaksud dengan “Lebih Berguna”.

Jadi interaksi Manusia Komputer adalah apa yang terjadi saat pengguna manusia dan sistem computer bersama-sama menyelesaikan suatu tugas.

Pada awal perkembangan computer pada tahu 1950, computer masih sangat sulit dioperasikan, tidak praktis dan waktu eksekusinya lama.


Pada kondisi saat ini computer sudah jauh lebih murah, digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan kita sudah cukup ilmu untuk bagaimana agar computer dapat menyesuaikan dalam kehidupan manusia juga kebutuhan kerja manusia.

Kebutuhan Perancangan yang berbeda:

1. Agar computer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, jadi perlu dirancang secara lebih baik.
2. Semua system harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, juga perlu dirancang agar dapat memenuhi dan mempunya kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.
3. Bagaimana mengoptimalkan computer untuk memenuhi kebutuhannya.

Ini dianalogikan seperti kita menggunakan mobol atau motor , kita tidak perlu mamikirkan bagaimana cara mesin bekerja.

Pada tahun 1970 mulai dikenal dengan istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI) dan menjadi topic perhatian bagi peneliti dan perancang system.

HCI/ Human-computer Interaction muncul pada pertengahan tahun 1980-an. Istilah HCI mampunyai focus yang lebih luas tidak saja perancangan antar muka secara fisik.
HCI berhubungan dengan perancangan, evaluasi dan implementasi system computer interaktif untuk digunakan manusia

Pada perinsipnya interaksi ini membuat agar system dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.

Yang dimaksud dengan antar muka adalah:
1. Tidak hanya perancangan layout layer monitor
2. Dari sudut pandang pengguna merupakan keseluruhan system.
3. Useful, Usable, used.

Useful adalah fungsional, dapat mengerjakan sesuatu.
Usable adalah dapa mengerjakan sesuatu dengan mudah dan benar.
Used adalah terlihat baik, tersedia dan diterima/ digunakan oleh organisasi.

Elemen Utama IMK:
- Manusia
- Komputer
- Interaksi
- Aktivitas
- Lingkungan kerja


Tujuan Utama IMK :
- Berguna/ Usable
- Aman
- Produktif
- Efektif
- Efisien
- Fungsional

Perancangan IMK :
- Tujuan manusia
- Kemampuan dan keterbatasan manusia dan computer.
- Pekerjaan
- Aspek social dan organisasi
- Lingkungan kerja
- Interaksi diantara elemen-elemen diatas.